W e l c o m e : P e n e s t a n a n - G r a t i s

Wednesday, July 16, 2014

Sejarah Perkembangan web 1.0 sampai dengan web 3.0

OSA Sahabat Penestanan Gratis, Iseng browsing saya menemukan artikel yang cukup menarik untuk kita ketahui langsung aja simak ya..

Perkembangan teknologi dari waktu ke waktu semakin pesat. Pengetahuan ini sangat penting bagi kita yang berkecimpung di bidang web development dan jenis bidang lain yang terkait. Wawasan ini sedikit banyak dapat memberi pengetahuan bagi pengembang web, bagaimana sebenarnya tren teknologi web saat ini, sehingga para developers dapat berkreatifitas dan berinovasi dengan berpijak pada tren teknologi web saat ini.
Secara khusus tidak ada ilmu yang mempelajari pengklasifikasian website, namun beberapa praktisi di bidang teknologi website maupun teknologi informasi membagi bagi jenis website berdasarkan teknologi dan cara penggunaannya menjadi web 1.0, 2.0 dan 3.0.

Web 1.0 merupakan teknologi awal dari sebuah website, teknologi ini masih statis dimana antara pembuat website dan penikmat website hanya terjadi komunikasi 1 arah dimana pembuat sebagai pemberi informasi dan penikmat hanya sebagai pembaca, ya layaknya seperti membaca Koran atau majalah, bedanya kegiatan membaca lewat computer, aktifitas ini hanya sebatas searching.
Halaman pada web ini masih terkesan “biasa”, bahasa yang digunakan juga masih bahasa HTML saja.

<------>Web 2.0<------>

Era Web 2.0 akhirnya datang juga sekitar tahun 2003 atau 2004, para pengguna website-pun mulai dimanjakan dengan berbagai fasilitas, kita bisa berkomunikasi 2 arah, tidak hanya dengan webmaster atau adminnya namun dengan orang lain tidak terbatas pada satu wilayah saja, tetapi juga di belahan dunia yang lain, kita dapat membuat suatu komunitas tanpa harus bertemu secara fisik, informasi semakin mudah didapat dengan halaman web yang menarik, sehingga kita tidak bosan dan masih banayak lagi
Menurut O’Reilly media, ada beberapa karakteristik dari web 2.0, yaitu :

#The Web as Platform
Website dalam aplikasi web 2.0 kini adalah platform, jadi kita dapat mengerjakan semuanya dengan menggunakan media internet, biasanya kita menggunkan media deskstop untuk mengerjakan penulisan, penghitungan maupun presentasi namun kita dapat langsung mengerjakannya melalui internet. Seperti juga mengonversi file-file berekstensi .pdf menjadi .doc dapat kita lakukan di website penyedia layanan pdf converter online.
#Harnessing Collective Intelligence
Nah yang ditunggu-tunggu, maksud dari pernyataan diatas web 2.0 memiliki kinerja yang unik, dia memanfaatkan tulisan orang untuk mengisi kontennya secara kolektif, jadi sudah tidak ngetrend admin mengisi sendiri konten webnya, contohnya seperti website social networking friendster.com yang lagi booming di Indonesia, friendster hanya sebagai media, sedangkan yang mengisi konten adalah kita sebagai user

#Data is the Next Intel Inside
Slogan “Intel Inside" telah melambungkan nama prosesor Intel di kalangan pengguna komputer. Trademark tersebut telah menjadi suatu garansi kepercayaan dari pengguna akan kemampuan komputer yang akan ataupun sudah dibelinya.
Nah, hal ini juga yang dipraktekan para penyuplai data kepada para pemilik website untuk memberikan garansi kepercayaan, jadi pada era web 2.0 data sangatlah penting dan harus di update setiap waktu.

#End of the Software Release Cycle
Pengembang Software mesti merubah cara penjualan karena di era web 2.0 kalau mau pakai software tidak perlu repot menginstall, sekarang aplikasi sudah dapat digunakan langsung, sekarang jamannya software tidak dijual “paketan” lagi tapi sudah jadi layanan di internet karena website sudah dapat menjadi platform untuk menjalankan program, kalau dulu software keluar tiap 3 bulan sekali. maka hari ini esok dan seterusnya software keluar tiap hari alias selalu di update setiap waktu jadi produsen yang lambat akan ketinggalan dan kalah dalam persaingan karena aplikasi sudah jadi layanan secara real time di internet.

#Lightweight Programming Models
Kalau yang ini maksudnya web 2.0 pembuatannya menggunakan bahasa yang “ringan”, jadi suatu aplikasi bisa kita buat menjadi aplikasi baru, seperti google map bisa dibuat untuk program aplikasi HousingMap.

Ya seperti uraian diatas kurang lebih gambaran dari web 2.0, menurut perkiraan para pengamat internet web 3.0 akan berkembang di tahun 2010-2020 mendatang, namun menurut riset, sudah ada yang mulai membangun website dengan konsep web 3.0.


Kalau dilihat dari sejarahnya banyak bermunculan opini atau kontrorversi siapa yang mengemukakan ide pertama kali tentang konsep ini antara Tim burners-leep ada tahun 2001 dengan Jhon Markoff yang pertama kali memunculkan ide pada tahun 2006.
Belum ditemukan definisi yang jelas dari web 3. Berikut ini beberapa karakteristik dari web 3.0 yang saya kutip dari PC magazine dan Sramana yaitu :
Menurut PC magazine karakteristik dari web 3.0 adalah :

• Semantic Web. Sebuah web dengan kemampuan membaca situs semudah manusia membacanya. Satu informasi yang dibutuhkan oleh manusia dapat dengan mudah tersajikan dengan korelasi informasi yang tepat dan cepat.


• The 3D Web. Nuansa Web semakin menarik dengan adanya kemampuan visual 3D. Tanpa harus meninggalkan rumah maka kita dapat mengunjungi berbagai tempat di dunia lain secara virtual dengan kemampuan akses data dan interaksi secara realtime.
• The Media-Centric Web. Keyword bukan lagi satu-satunya cara untuk mendapatkan informasi yang dituju. Photo, audio, video akan menjadi cara lain untuk mencari informasi yang kita inginkan. .
• The Pervasive Web. Web akan dengan mudah diakses dengan berbagai cara dan alat berbeda. Intinya everywhere, anytime dapat akses web. Sementara kemudahan koneksi akan semakin berkembang, berbagai alat-alat elektronika akan mendukung upaya kemudahan koneksi internet. Maka koneksi internet tidak hanya sebatas di kantor, kampus saja, bahkan di kereta, bis, pasar, kamar tidur dll.

Sumber

No comments:

Post a Comment

Ada keluh kesah? silahkan tinggalkan komentar. .
anda harus menjadi anggota grup ini jika ingin berkomentar, silahkan klik (join this site pada kolom kanan blog)

1. Berkomentarlah dengan sopan dan bersifat membangun
2. Bila ada yang ditanyakan, admin berusaha menjawab paling lambat 1 hari setelah komentar di terbitkan
3. untuk kenyamanan di larang spam
4. mohon untuk tidak beriklan pada kolom komentar
5. jangan sertakan link hidup di komentar

Terimakasih atas kunjungannya ^_^ salam Admin Penestanan Gratis

Copyright © 2014 Penestanan Gratis | Developer AAS WEB